SURAT PERNYATAAN
Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : FATMAWATI
NIM : 814317978
UPBJJ-UT : MALANG
Menyatakan bahwa :
Nama : ……………………………
Tempat Mengajar : ……………………………
Guru Kelas : ……………………………
Adalah teman sejawat yang akan membantu dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran, yang merupakan tugas mata kuliah PDGK 4904 Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP).
Demikian pernyataan ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.
Supervisor 2 …………………… | ………………,………………….. Yang Membuat Pernyataan Mahasiswa, FATMAWATI NIM. |
ALAT PENILAIAN KAMAMPUAN GURU – PKP 1
(APKG – PKP 1)
LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN 1)
NAMA GURU/MAHASISWA NIM TEMPAT MENGAJAR KELAS MATA PELAJARAN WAKTU TANGGAL | : FATMAWATI : 814317978 : SDN KARTOHARJO 2 : IV : MATEMATIKA : 2 SIKLUS : 9 NOVEMBER 2011 |
PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa ketika mengajar. Kemudian nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini :
1. Menentukan Bahan Perbaikan
Pembelajaran dan Merumuskan
Tujuan/indikator perbaikan
Pembelajaran
1.1. Menggunakan bahan perbaikan 1 2 3 4 5
pembelajaran yang sesuai dengan
kurikulum dan masalah yang
diperbaiki.
1.2. Merumuskan tujuan khusus /
Indicator perbaikan pembelajaran
Rata – rata butir 1 = A
2. Mengembangkan Dan Mengorgani-
sasikan materi, media (alat bantu
pembelajaran), dan sumber belajar
1.1. Mengembangkan dan
mengorganisasikan materi
pembelajaran
1.2. Menentukan dan mengembangkan
alat bantu perbaikan pembelajaran
1.3. Memilih sumber belajar
Rata – rata butir 2 = B
3. Merencanakan Scenario Perpaikan
Pembelajaran
3.1. Menentukan jenis kegiatan
perbaikan pembelajaran
3.2. Menyusun langkah-langkah
perbaikan pembelajaran
3.3. Menentukan alokasi waktu
perbaikan pembelajaran
3.4. Menentukan cara-cara memotivasi
siswa
3.5. Menyiapkan pertanyaan
Rata – rata butir 3 = C
4. Merencanakan Pengelolaan Kelas
Perbaikan Pembelajaran
4.1. Menentukan penataan ruang dan
fasilitas belajar
4.2. Menentukan cara-cara
pengorganisasian siswa agar siswa
dapat berpartisipasi dalam
perbaikan pembejaran Rata – rata butir 4 = D
5. Merencanakan Prosedur, Jenis, dan
Menyiapkan Alat Penilaian Perbaikan
Pembelajaran
5.1. Menentukan prosedur dan jenis
penilaian
5.2. Membuat alat-alat dan
kunci jawaban
Rata – rata butir 5 = E
6. Tampilan Dokumen Rencana Perbaikan
Pembelajaran
6.1. Kebersihan dan kerapian
6.2. Penggunaan bahasa tulis
|
………………………………
Pembimbing / Penguji I Pembimbing / Penguji II
SUNARI S.Pd Drs. Sarbini M.Pd
NIP. 095301211975022001 NIP. 195910081986031014
ALAT PENILAIAN KAMAMPUAN GURU – PKP 2
(APKG – PKP 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA GURU/MAHASISWA NIM TEMPAT MENGAJAR KELAS MATA PELAJARAN WAKTU TANGGAL | : FATMAWATI : 814317978 : SDN KARTOHARJO 2 : IV : MATEMATIKA : 2 SIKLUS : 9 NOVEMBER 2011 |
PETUNJUK
1. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2. Pusatkanlah perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut.
4. Khusus butir 5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.
5. Nilailah semua aspek kemampuan guru.
1. Mengelola ruang dan fasilitas 1 2 3 4 5
pembelajaran
1.1. Menata fasilitas dan sumber belajar
1.2. Melaksanakan tugas rutin kelas
Rata-rata butir 1 = A
2. Melaksanakan kegiatan perbaikan
pembelajaran
2.1. Memulai pembelajaran
2.2. Melaksanakan pembelajaran yang
sesuai dengan tujuan, siswa, situasi,
dan lingkungan
1 2 3 4 5
2.3. Menggunakan alat bantu (media) pem-
belajaran yang sesuai dengan tujuan,
siswa, situasi, dan lingkungan
2.4. Melaksanakan pembelajaran dalam
urutan yang logis
2.5. Melaksanakan perbaikan
pembelajaran secara individual,
kelompok atau klasikal
2.6. Mengelola waktu pembelajaran secara
efisien
Rata-rata butir 2 = B
3. Mengelola interaksi kelas
3.1. Memberi petunjuk dan penjelasan yang
berkaitan dengan isi pembelajaran
3.2. Menangani pertanyaan dan respons
siswa.
3.3. Menggunakan ekspresi lisan, tulisan,
isyarat, dan gerakan badan
3.4. Memicu dan memelihara keterlibatan
siswa.
3.5. Memantapkan penguasaan materi
pembelajaran
Rata-rata butir 3 = C
4. Bersikap terbuka dan luwes serta
membantu mengembangkan sikap
positif siswa terhadap belajar
4.1. Menunjukkan sikap ramah, luwes,
terbuka, penuh pengertian, dan sabar
kepada siswa
4.2. Menunjukkan kegairahan dalam
mengajar
4.3. Mengembangkan hubungan antar-
pribadi yang sehat dan serasi
4.4. Membantu siswa menyadari kelebihan
dan kekurangannya
1 2 3 4 5
4.5. Membantu siswa menumbuhkan
kepercayaan diri
Rata-rata butir 4 = D
5. Mendemonstrasikan kemampuan
khusus dalam perbaikan pembelajaran
mata pelajaran tertentu
a. Bahasa Indonesia
5.1. Mendemonstrasikan penguasaan
materi bahasa Indonesia
5.2. Mengembangkan kemampuan
Siswa untuk berkomunikasi dan
Bernalar
5.3. Memberikan latihan keterampilan
berbahasa
5.4. Peka terhadap kesalahan
penggunaan istilah teknis
5.5. Memupuk kegemaran membaca
Rata-rata butir 5.a = E
b. Matematika
5.1. Menanamkan konsep matematika
melalui metode bervariasi yang
sesuai dengan karakteristik materi
5.2. Menguasai symbol-simbol
matematika
5.3. Memberikan latihan matematika
dalam kehidupan sehari-hari
5.4. Menguasai materi matematika
Rata-rata butir 5.b = E
c. IPA
5.1. Membimbing siswa membuktikan
konsep IPA melalui pengalaman
langsung tehadap objek yang
dipelajari
1 2 3 4 5
5.2. Meningkatkan keterlibatan siswa
melalui pengalaman belajar dengan
berbagai kegiatan
5.3. Menggunakan istilah yang tepat
pada setiap langkah pembelajaran
memilih alat peraga IPA
5.4. Terampil dalam melakukan
percobaan IPA serta tepat dalam
memilih alat peraga IPA
5.5. Menerapkan konsep IPA dalam
kehidupan sehari-hari
5.6. Menampilkan penguasaan IPA
Rata-rata butir 5.c = E
d. IPS
5.1. Mengembangkan pemahaman
konsep IPS terpadu
5.2. Mengembangkan pemahaman
konsep waktu
5.3. Mengembangkan pemahaman
konsep ruang
5.4. Mengembangkan pemahaman
konsep kelangkaan (scarcity)
Rata-rata 5.d = E
e. PPKn
5.1. Menggunakan metode dan alat
bantu dalam pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan
5.2. Meningkatkan ketertiban siswa
dalam proses pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan
5.3. Ketepatan penggunaan istilah-istilah
khusus dan konsep dalam
Pendidikan Kewarganegaraan
5.4. Menunjukkan penguasaaan materi
Pendidikan Kewarganegaraan
1 2 3 4 5
5.5. Menerapkan konsep Pendidikan
Kewarganegaraan dalam kehidupan
sehari-hari
Rata-rata butir 5.e = E
6. Melaksanakan penilaian proses dan
hasil belajar
6.1. Melaksanakan penilaian selama
proses pembelajaran
6.2. Melaksanakan penilaian pada akhir
pembelajaran
Rata-rata butir 6 = F
7. Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
7.1. Keefektifan proses pembelajaran
7.2. Penggunaan bahasa Indonesia lisan
7.3. Peka terhadap kesalahan berbahasa
siswa
7.4. Penampilan guru dalam
pembelajaran
Rata-rata butir 7 = G
09 November 2011
Drs. Sarbini M.Pd
NIP. 195910081986031014
*) Coret yang tidak perlu
ALAT PENILAI LAPORAN – PKP
(APL - PKP)
LEMBAR PENILAIAN
LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA GURU/MAHASISWA NIM TEMPAT MENGAJAR KELAS MATA PELAJARAN WAKTU TANGGAL | : FATMAWATI : 814317978 : SDN KARTOHARJO 2 : IV : IPS : 2 SIKLUS : 5 NOVEMBER 2011 |
A. Pendahuluan
Kompetensi yang dikembangkan melalui mata kuliah PKP adalah kemampuan melaksanakan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mencapai kemampuan tersebut mahasiswa diwajibkan berlatih melaksanakan PTK dalam rangka perbaikan pembelajaran di kelasnya sendiri. Selama melaksanakan PTK di kelas mahasiswa dibimbing oleh supervisor/guru pamong dari sekolah tempat mahasiswa mengajar. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah PKP dinilai dari laporan perbaikan pembelajaran PKP dan ujian praktik mengajar.
B. Pedoman penskoran
Pedoman Penilaian Laporan PKP berikut ini untuk menilai laporan PKP.
VARIABEL/DESKRIPTOR | Skor Maks | Nilai |
I. PENDAHULUAN | 22 | |
A. Latar belakang masalah | ||
| 2 | |
- Ada tetapi tidak jelas dan tidak logis (0,5) | ||
- Ada dan jelas tetapi tidak logis (1) | ||
- Ada, jelas dan logis (2) | ||
| 7 | |
a. Adanya informasi tentang : | ||
1) Data/hal-hal yang terkait dengan masalah pembelajaran (2) | ||
2) Alas an pemilihan masalah yang akan diatasi dengan PTK : | ||
a) Logis dan jelas (2) | ||
b) Kurang logis atau kurang jelas (1) | ||
VARIABEL/DESKRIPTOR | Skor Maks | Nilai |
b. Mencantumkan identifikasi masalah | ||
- Proses identifikasi masalah jelas dan logis (2) | ||
- Proses identifikasi masalah kurang jelas dan kurang logis (1) | ||
c. Mencantumkan informasi tentang pihak yang membantu (1) | ||
| 5 | |
a. Menyampaikan proses analisis masalah | ||
- Proses analisis logis dan jelas (2) | ||
- Menyampaikan factor-faktor penyabab munculnya masalah (2) | ||
b. Ada teori dan/atau pengalaman yang relevan mendukung penyebab munculnya masalah (1) | ||
B. Rumusan masalah | 3 | |
- Rumusan masalah jelas dan benar (2) | ||
- Masalah berkaitan dengan latar belakang (1) | ||
C. Tujuan penelitian perbaikan pembelajaran | 3 | |
- Ada, rumusan jelas, logis, dan bermakna (3) | ||
- Ada, rumusan jelas dan logis (2) | ||
D. Manfaat penelitian perbaikan pembelajaran | 2 | |
- Ada dan berkontribusi nyata terhadap pembelajaran (2) | ||
- Ada dan tidak berkontribusi nyata terhadap pembelajaran (1) | ||
II. KAJIAN PUSTAKA | 7 | |
- Ada, relevan, terkini, sistematis, rinci dan jelas (7) | ||
- Ada, relevan, terkini, sistematis dan jelas (5) | ||
- Ada, relevan dan terkini (3) | ||
- Ada dan relevan (1) | ||
III. PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN | 30 | |
A. Subjek Penelitian | 3 | |
- Mencantumkan lokasi; nama sekolah, kelas, mata pelajaran, waktu (2) | ||
- Waktu pelaksanaan logis (pelaksanaan hari sekolah, rentang waktu untuk masing-masing siklus sesuai dengan jadwal pelajaran di sekolah) (1) | ||
B. Deskripsi per siklus | ||
1. Rencana | 7 | |
a. Adanya penjelasan tentang tindakan yang akan dilaksanakan/alternative perbaikan (2) | ||
b. Tindakan/alternative perbaikan yang relevan dengan masalah (2) | ||
c. Langkah-langkah perbaikan | ||
- Ada, rinci, jelas dan logis (3) | ||
- Ada, rinci dan jelas (2) | ||
- Ada (1) | ||
VARIABEL/DESKRIPTOR | Skor Maks | Nilai |
2. Pelaksanaan | 10 | |
a. Adanya informasi tentang prosedur pelaksanaan PTK (1) | ||
b. Prosedur pelaksanaan PTK disampaikan secara logis (2) | ||
c. Adanya informasi tentang pengamat (1) | ||
d. Adanya informasi tentang tugas pengamat/supervisor (1) | ||
e. Adanya informasi tentang prosedur pembelajaran (2) | ||
f. Prosedur umum pembelajaran jelas dan rinci (3) | ||
3. Pengamatan/pengumpulan data/instrument | 4 | |
a. Instrument tepat (2) | ||
b. Data sesuai dengan masalah, lengkap (2) | ||
4. Refleksi | 6 | |
a. Menemukan kekuatan dan kelemahan suatu tindakan perbaikan pembelajaran (4) | ||
b. Menemukan kekuatan dan kelemahan diri dalam merancang dan melakukan suatu tindakan perbaikan pembelajaran (2) | ||
IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN | 24 | |
A. Deskripsi per siklus | 10 | |
- Ada data tentang rencana, pelaksanaan, pengamatan, refleksi (4) | ||
- Ada paparan tentang keberhasilan dan kegagalan (4) | ||
- Penjelasan lengkap dengan data (2) | ||
B. Pembahasan dari setiap siklus | 14 | |
- Temuan sesuai dengan data yang diolah, jelas, dan rinci untuk setiap siklus (14) | ||
- Temuan sesuai dengan data yang diolah, jelas, tetapi tidak rinci untuk setiap siklus (10) | ||
- Temuan sesuai dengan data yang diolah tetapi kurang jelas dan tidak rinci untuk setiap siklus (7) | ||
V. KESIMPULAN DAN TIDAK LANJUT | 8 | |
A. Kesimpulan | 5 | |
- Kesimpulan sesuai dengan permasalahan dan temuan (3) | ||
- Kesimpulan disajikan dengan jelas (2) | ||
B. Saran tindak lanjut | 3 | |
- Saran dan tindak lanjut sesuai dengan kesimpulan (1) | ||
- Saran yang diajukan jelas dan logis (1) | ||
- Tindak lanjut yang diajukan dapat dilaksanakan (operasional) (1) | ||
VI. BAHASA | 7 | |
- Pilihan kata tepat (1) | ||
- Struktur kalimat lugas dan baku (2) | ||
- Paragraph merupakan satu keutuhan (3) | ||
VARIABEL/DESKRIPTOR | Skor Maks | Nilai |
- Penulisan sesuai dengan EYD (1) | ||
VII. KUTIPAN DAN DAFTAR PUSTAKA | 2 | |
- Kutipan relevan dengan masalah (1) | ||
- Cara mengutip mengikuti aturan tertentu (1) | ||
Skor Total | 100 |
Lampiran 4
REKAPITULASI TES AKHIR SIKLUS I
IPS
NO | Nama Siswa | Hasil |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. | Alfida M Anggoro W G Fajar T S Gaguk N P Harsit A S M Isma K Luvvi P M. Agus E Nuria T Rutina Samuel H Septian S M | 70 90 85 95 80 85 70 95 75 85 95 85 |
Rata – Rata | 87 |
Lampiran 3
LEMBAR PENGAMATAN
IPS
SIKLUS II
NO | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Kelompok | Hasil | |
Keaktifan | Kerjasama | ||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. | Alfida M Anggoro W G Fajar T S Gaguk N P Harsit A S M Isma K Luvvi P M. Agus E Nuria T Rutina Samuel H Septian S M | - V - V V V V V - V V V | V V V V V - V V V - V V | I II II I II II I III I III III III | B B B C B B B C B B B B |
Keterangan :
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang
0 komentar:
Posting Komentar