RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SDN KARTOHARJO 2
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 4 x 35 Menit ( 2 x Pertemua )
Hari / Tanggal : Rabu / 9 Nopember 2011
- Standar Kompetensi
- Kompetensi Dasar
2.3 Menentukan kelipatan persekutuan terkecil ( KPK ) dan faktor persekutuan terbesar
( FPB)
- Indikator
2.3.1 Menggunakan faktorisasi prima untuk mencari suatu FPB suatu bilangan.
2.3.2 Menentukan KPK dan FPB dari dua bilangan.
- Tujuan Pembelajaran
Melalui ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi siswa dapat :
- Menggunakan faktorisasi prima untuk mencari suatu FPB suatu bilangan.
- Menentukan KPK dan FPB dari dua bilangan.
- Materi Pokok
- Kelipatan dan faktor.
- Metode Pembelajaran
- Model : Bertanya ( Questioning ), Menemukan ( Inquiry )
- Metode : Ceramah, Tanya jawab, penugasan, diskusi.
- Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN II ( 2 c 35 Menit )
- Pendahuluan
Kegiatan Awal ( 10 Menit )
- Guru mengorganisir keadaan siswa
- Guru mengucapkan salam dengan ramah
- Guru membimbing siswa untuk berdoa dan mengecek kehadiran siswa.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.( Nilai karakter yang dapat di tanamkan pada kegiatan ini adalah : disiplin, santun, peduli, religious, rajin )
- Kegiatan Inti ( 45 Menit )
Eksplorasi
- Pembahasan tugas rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dengan percaya diri.
- Guru dan siswa bertanya jawab tentang cara menentukan KPK dan FPB dengan rasa ingin tahu.
- Guru menjelaskan dan memberikan contoh cara menentukan KPK dan FPB.
Elaborasi
- Siswa berdiskusi dan berbagi pengetahuan untuk menentukan KPK dan FPB dengan rasa ingin tahu, tekun dan teliti.
- Guru memantau kegiatan siswa dan memberikan bantuan pada siswa.
Konfirmasi
- Guru menugaskan perwakilan kelompok untuk melaporkan hasil diskusinya.
- Guru memberi penegasan dan penguatan kepada siswa tentang cara menentukan KPKdan FPB dengan rasa ingin tahu.
- Guru memberi tugas pada siswa secara Mandiri untuk mengerjakan soal-soal yang telah disampaikan dengan rasa tanggung jawab dengan memperhatikan contoh yang telah diberikan di papan tulis.
- Siswa mengerjakan dengan tekun dan teliti, dengan penuh tanggung jawab.
- Siswa bersama guru membahas soal-soal yang telah dikerjakan.( Nilai karakter yang dapat ditanamkan pada kegiatan ini adalah : rasa ingin tahu, kerja sama, tanggung jawab, percaya diri, tekun, teliti. )
- Penutup ( 15 Menit )
- Guru dan siswa membuat rangkuman / simpulan materi tersebut.
- guru melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksankan secara konsisten dan terprogram.
- Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pelajaran.
- Guru memberikan tugas rumah secara mandiri.
( Nilai karakter yang dapat ditanamkan pada kegiatan ini adalah : Tanya jawab, peduli, mandiri. )
- Sumber dan Media Pembelajaran
- Buku Matematika BSE Kelas IV Halaman 52
- Buku Matematika " Penerbit Erlangga " Halaman 91
- Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
Menggunakan faktorisasi prima untuk mencari suatu FPB dari suatu bilangan. | Tes Tulis Self Assement Non Tes | Tes Uraian Skala Likert Observasi | Tentukan faktorisasi prima dari bilangan di bawah ini !
Setelah mengikuti pelajaran ini, seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini. Silahkan 1 untuk BELUM BAIK, 2 untuk CUKUP BAIK, 3 untuk BAIK, 4 untuk SANGAT BAIK sesuai dengan diri kalian.
1 2 3 4
1 2 3 4
1 2 3 4
1 2 3 4
1 2 3 4 Rubrik penilaian diskusi kelompok |
No | Aspek yang dinilai | Nilai | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 2 3 | Menggunakan faktorisasi prima untuk mencari suatu FPB suatu bilangan. Menyimak penjelasan Mengerjakan tes tulis | ||||
Jumlah Nilai |
- RUBRIK PENILAIAN OBSERVASI KERJA KELOMPOK
LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Jumlah Skor | Nilai | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||||
1 2 3 4 5 Dst |
Keterangan Aspek yang dinilai :
| Skors Maksimal 4 4 4 . 3 . 15 |
NILAI = x 100
- guru melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksankan secara konsisten dan terprogram.
- Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pelajaran.
- Guru memberikan tugas rumah secara mandiri.
( Nilai karakter yang dapat ditanamkan pada kegiatan ini adalah : Tanya jawab, peduli, mandiri. )
- Sumber dan Media Pembelajaran
- Buku Matematika BSE Kelas IV Halaman 52
- Buku Matematika " Penerbit Erlangga " Halaman 91
- Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
Menggunakan faktorisasi prima untuk mencari suatu FPB dari suatu bilangan. | Tes Tulis Self Assement Non Tes | Tes Uraian Skala Likert Observasi | Tentukan faktorisasi prima dari bilangan di bawah ini !
Setelah mengikuti pelajaran ini, seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini. Silahkan 1 untuk BELUM BAIK, 2 untuk CUKUP BAIK, 3 untuk BAIK, 4 untuk SANGAT BAIK sesuai dengan diri kalian.
1 2 3 4
1 2 3 4
1 2 3 4
1 2 3 4
1 2 3 4 Rubrik penilaian diskusi kelompok |
- FORMAT PENILAIAN KARAKTER KEMANDIRIAN
No | Aspek yang dinilai | Nilai | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 2 3 | Menggunakan faktorisasi prima untuk mencari suatu FPB suatu bilangan. Menyimak penjelasan Mengerjakan tes tulis | ||||
Jumlah Nilai |
- RUBRIK PENILAIAN OBSERVASI KERJA KELOMPOK
LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Jumlah Skor | Nilai | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||||
1 2 3 4 5 Dst |
Keterangan Aspek yang dinilai :
| Skors Maksimal 4 4 4 . 3 . 15 |
NILAI = x 100
Supervisor I Drs. Sarbini M.Pd NIP. 195910081986031014 | Nganjuk, 09 Nopember 2011 Mahasiswa FATMAWATI NIM. 814317978 |
RUBRIK PENILAIAN OBSERVASI KERJA KELOMPOK
LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Jumlah Skor | Nilai | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||||
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 | ANGGIT ANDRIAN YUHDI YESI KUMALASARI MOCHAMMAD ZAINURI SUGIONO EKO FERIANTO ACHMAD TAUFIK AHMAD RAUYANI ALFIDA MEISAROH ANGGORO WATI G. TIYAS FAJAR TEGUH SANTOSO GAGUK NOER PRASETIYO HARSIT ARI SIGIT MUZZAKY ISMA KRISMAIDA LUVVI PERMATASARI MOCHAMAD AGUS EFENDI NURIA TISBIANA RUTINA SAMUEL HIKAM SEPTIAN SYAHRUL MUNIR SITI MAISAROH TRI ANDIKO TRISNA DIAN BUANA VINA TRI BUANA WINARTO YESSY NILUH AYU P. |
Lampiran
Evaluasi
Tentukan KPK dan FPB dari bilangan berikut !
- 12 dan 16
- 15 dan 20
- 18 dan 24
- 14 dan 28
- 25 dan 30
Kunci Jawaban
- KPK = 24 x 3 = 48FPB = 22
- KPK = 22 x 3 x 5 = 60FPB = 5
- KPK = 23 x 32 = 72FBP = 2 x 3 = 6
- KPK = 22 x 7 = 28FBP = 2 x 7 = 14
- KPK = 2 x 3 x 52 = 150FBP = 5
0 komentar:
Posting Komentar