BISNIS ONLINE

Senin, 27 Februari 2012

SILABUS FIQIH MTs


S I L A BU S

 

Nama Sekolah        : MTs

Mata Pelajaran     : FIQIH

Kelas / Semester         : VII/I

Standar Kompetensi     : 1. Melaksanakan ketentuan thaharah


 




Kompetensi Dasar 

 
Materi Pokok 

 
Pengalaman Belajar 

 
Indikator 

 
Penilaian 
Alokasi Waktu 

 
Sumber/bahan/alat
1.1. Menjelaskan macam-macam najis dan tatacara thaharahnya (bersucinya)
Najis
  • Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang benar dan jelas tentang najis dan macam-macamnya
  • Mendengarkan penjelasan macam-macam air
  • Mengklasifikasikan macam-macam air
  • Menyebutkan Perbedaan air muthlak, mustakmal, makruh (musyammas), mutanajis
  • Mempraktikkan cara bersuci dari najis
  • Menjelaskan pengertian najis
  • Mengidentifikasikan macam-macam najis
  • Membedakan najis mukhaffafah, mutawassithah dan mughalladhah
  • Menyebutkan macam-macam air
  • Tes Lisan
  • Tes Tulis
  • Unjuk Kerja
  • Proyek
4X 40 menitSumber:

  • Buku paket fiqih kl 7
  • Gambar seputar macam-macam najis
  • Buku fiqih Islam Sulaiman Rosyid
Bahan:

air sumur, air sungai

Alat:

  • Kran, pancuran, Gayung, timba
1.2. Menjelaskan hadats kecil dan tatacara thaharahnya (bersucinya) Hadats kecil 
  • Membaca dan menelaah berbagai literatue untuk menemukan konsep yang benar dan jelas tentang hadat kecil dan melakuka tanya jawab seputar hadat kecil
  • Mengidentifikasi kondisi berhadats kecil
  • Menjelaskan pengertian hadats kecil
  • Mengidentifikasi ciri-ciri hadats kecil
  • Menyebutkan contoh yang termasuk hadats kecil
  • Tes unjuk kerja
  • Observasi
  • Performance
4 X 40 menit 
  • Buku paket fiqih kelass VII
  • LKS
  • Lembar observasi
  • Lembar penilaian
  • Boneka
  • Batu, kertas, tisu, daun kering, dan plastikbatu apung, batu kali, air,gambar, peragaan wudu
Istinjak 
  • Membaca kemudian menjelaskan masalah istinjak
  • Mengidentifikasi alat yang dapat digunakan untuk beristinjak dan memperagakannya
  • Menjelaskan pengertian istinjak
  • Menjelaskan hukum istinjak
  • Menjelaskan adab buang air
  • Menyebutkan alat-alat yang dapat digunakan untuk beristinjak
  • Mempraktekkan tatacara istinjak
wudlu 
  • Membaca materi, melakukan pengamatan terhadap teman yang melakukan wudlu, menuliskan hasil pengamatan dan memberikan kesimpulan
  • Mempraktikkan wudlu secara bergantian
  • Menjelaskan pengertian wudlu
  • Menyebutkan syarat dan rukun wudlu
  • Menyebutkan sunah wudlu
  • Mengemukakan hal-hal yang membatalkan wudlu
    • Mempraktikkan tatacara wudlu
1.3. Menjelaskan macam-macam hadats besar dan tatacara thaharahnya (bersucinya)Hadats besar 
  • Mendengarkan penjelasan tentang pengertian dan contoh hadats besar
  • Mendemonstrasikan tata cara bersuci dari hadats besar
  • Menjelaskan pengertian hadats besar
  • Menunjukkan contoh-contoh hadats besar
  • Tugas kelompok
  • Tes Lisan
  • Tes Tulis
  • Observasi
  • Tes unjuk kerja
2 X 40 menit 
  • Buku paket fiqih kelas VII
  • Lembar kerja
  • Lembar penilaian
  • Lembar observasi
  • Boneka
  • Air
  • Membaca dan memahami materi haid
  • Mengidentifikasi ciri-ciri dan siklus haid
  • Menjelaskan kewajiban bagi wanita sesudah haid
  • Menjelaskan pengertian haid
  • Mengidentifikasi ciri-ciri darah haid
  • Membedakan darah haid dengan darah istihadoh
  • Menentukan siklus darah haid
  • Menjelaskan kewajiban syar'i bagi wanita yang sudah haid
  • Membaca dan memahami materi mimpi basah
  • Mengidentifikasi ciri-ciri dan waktu terjadinya mimpi basah

 
  • Menjelaskan pengertian mimpi basah
  • Menunjukkan ciri-ciri mimpi basah
  • Mengidentifikasi kewajiban syar'i bagi laki-laki yang sudah
  • Tugas kelompok
  • Observasi
  • Tes unjuk kerja
  • Melakukan tanya jawab seputar mandi
  • Mendengarkan penjelasan seputar syarat, rukun, dan sunnah mandi
  • Mengidentifikasi sebab diwajibkannnya mandi
  • Mencontohkan mandi wajib dengan alat boneka
  • Menjelaskan pengertian mandi
  • Menjelaskan macam-macam mandi
  • Menjelaskan syarat , rukun dan sunnah mandi
  • Mejelaskan hal-hal yang mewajibkan mandi
  • Mendemontrasikan cara mandi wajib
  • Tugas kelompok
  • Observasi
  • Tes unjuk kerja
  • Membaca dan memahami seputar materi tayamum dengan benar
  • Melakukan tanya jawab
  • Memperagakan cara tayamum
  • Menjelaskan pengertian tayamum
  • Menjelaskan syarat dan rukun tayamum
  • Menjelaskan hal-hal yang membatalkan tayamum
  • Menjelaskan sebab-sebab tayamum
  • Mempraktikkan cara bertayamum
  • Tugas kelompok
  • Observasi
  • Tes unjuk kerja
S I L A BU S

 

Nama Sekolah        : MTs

Mata Pelajaran     : FIQIH

Kelas / Semester        : VII/I

Standar Kompetensi     : 2. Melaksanakan tatacara shalat fardu dan sujud sahwi

Kompetensi Dasar 
Materi Pokok 
Pengalaman Belajar 
Indikator 
Penilaian 
Alokasi Waktu
Sumber/bahan/alat 
2.1. Menjelaskan tata cara shalat lima waktu





 
Shalat fardlu
  • Membaca materi tentang shalat fardlu
  • Mendiskusikan materi sholat fardlu
  • Melakukan pengamatan kemudian membuat kesimpulan
  • Mendefinisikan pengertian shalat
  • Menjelaskan syarat-syarat sholat
  • Menjelaskan rukun shalat
  • Menjelaskan hal-hal yang membatalkan shalat
  • Unjuk kerja
  • Portofolio
  • Tes tulis
  • Tes Lisan
4 X 40 menit SUMBER :

  • Buku fiqih Tiga Serangkai th 2008
  • Fiqih sunnah
  • Fiqih Sulaiman Rasyid
  • Nara sumber
  • Gambar tata urutan shalat
ALAT :

  • Mukena
  • Sajadah
2.2. Menghafal bacaan-bacaan shalat lima waktu
  • Membaca secara klasikal dan individu bacaan shalat
  • Menghafalkan bacaan-bacaan sholat
  • Melafalkan bacaan shalat dengan benar
  • Menghafal bacaan shalat
2.3. Menjelaskan ketentuan-ketentuan waktu shalat lima waktu
Shalat fardu 
  • Menyebutkan waktu pelaksanaan shalat fardhu kemudian menunjukkan cara menentukan waktu shalat fardhu
  • Menjelaskan cara menentukan waktu shalat fardu
  • Menjelaskan cara menentukan waktu shalat fardhu
  • Unjuk kerja
  • Portofolio
  • Tes tulis
4 X 40 menit SUMBER :

  • Buku fiqih Tiga Serangkai th 2008
  • Fiqih sunnah
  • Fiqih Sulaiman Rasyid
  • Nara sumber
  • Gambar tata urutan shalat
ALAT :

  • Mukena
  • Sajadah
  • Sarung
2.4. Menjelaskan ketentuan sujud sahwi

 
2.5. Mempraktekkan sholat lima waktu dan sujud sahwi
Sujud sahwi 
  • Membaca dan memahami materi sujud sahwi
  • Menghafal bacaan sujud sahwi


  • Memperagakan gerakan sholat d an sujud sahwi secara bergantian
  • Menjelaskan pengertian sujud sahwi
  • Menghafalkan bacaan sujud sahwi
  • Mempraktekkan tatacara shalat dan sujud sahwi
  • Tes Lisan
  • Tes Tulis
  • Portofolio
  • Unjuk kerja
   

S I L A B U S
Nama Sekolah        : MTs

Mata Pelajaran     : FIQIH

Kelas / Semester        : VII/I

Standar Kompetensi     : 3. Melaksanakan tatacara adzan dan iqomah


 
Kompetensi Dasar 
Materi Pokok
Pengalaman Belajar 
Indikator 
Penilaian 
Alokasi Waktu 
Sumber/bahan/alat 
3.1. Menjelaskan ketentuan adzan dan iqomah 
Adzan, iqomah dan shalat berjamaah 
  • Menjelaskan ketentuan adzan dan iqomah
  • Siswa dapat menjelaskan tentang ketentuan adzan iqomah
  • Tes tulis
  • Tes unjuk kerja
4 X 40 menit SUMBER

  • Buku paket fiqih kelas VII MTs
ALAT

  • Mukena
  • Sajadah
  • Sarung
  • Kopyah
3.2. Menjelaskan ketentuan shalat berjamaah  
  • Menjelaskan ketentuan shalat berjamaah
  • Siswa dapat Menjelaskan ketentuan shalat berjamaah
3.3. Menjelaskan ketentuan makmum masbuk
  • Menjelaskan ketentuan makmum masbuk
  • Siswa dapat menjelaskan ketentuan makmum masbuk
3.4. Menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa
  • Menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa
  • Mendemonstrasikan cara mengingatkan imam yang lupa
  • Siswa dapat menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa
3.5. Menjelaskan cara menggantikan imam yang batal
  • Menjelaskan cara mengingatkan imam yang batal
  • Mendemonstrasikan cara mengganti imam yang batal
  • Siswa dapat menjelaskan cara menggantikan imam yang batal
3.6. Mempraktikkan adzan, iqomah dan shalat berjamaah
  • Menpraktekkan adzan, iqomah dan shalat berjamaah
  • Siswa dapat melafalkan adzan, iqomah dan shalat berjamaah
            
S I L A B U S
Nama Sekolah        : MTs

Mata Pelajaran     : FIQIH

Kelas / Semester        : VII/I

Standar Kompetensi     : 4. Melaksanakan tatacara berdzikir dan berdoa setelah sholat


 
Kompetensi Dasar 
Materi Pokok 
Pengalaman Belajar 
Indikator 
Penilaian 
Alokasi Waktu 
Sumber/bahan/alat 
4.1. Menjelaskan tatacara berdzikir dan berdoa setelah sholat
Dzikir dan doa
  • Secara bersama-sama siswa membaca materi berdzikir
  • Menjelaskan macam-macam berdzikir dan contohnya
  • Mengidentifikasi adab berdoa serta hikmah dari berdzikir serta berdoa
  • Mencatat contoh bacaan dzikir serta doa setelah sholat
  • Mensimulasikan bacaan dzikir dan doa setelah sholat
  • Mempraktekkan bacaan dzikir dan doa setelah sholat
  • Siswa dapat menjelaskan pengertiam dzikir dan doa beserta dasar hukumnya
  • Siswa dapat menyebutkan macam-macam dzikir
  • Siswa dapat menjelaskan adab berdoa
  • Siswa dapat menjelaskan hikmah berdzikir dan berdoa
  • Tes lisan
  • Tes tulis
2 X 40 menit
  • Buku paket fiqih
  • Buku tuntunan sholat (buku amaliyyah siswa)
  • LKS
  • Tasbih
4.2. Menghafalkan bacaan dzikir dan doa setelah sholat 
Dzikir dan doa 
  • Mencatat contoh bacaan dzikir serta doa setelah sholat
  • Membaca bacaan dzikir dan berdoa setelah sholat
  • Menghafal bacaan dzikir dan doa setelah sholat
  • Siswa dapat melafalkan bacaan dzikir dan doa setelah sholat
  • Siswa dapat menghafalkan bacaan dzikir dan doa setelah sholat
  • Proyek
  • Tes lisan
2 X 40 menit 
  • Buku paket fiqih
  • Buku tuntunan sholat (buku amaliyyah siswa)
  • LKS
  • Tasbih
4..3. Mempraktekkan dzikir dan doa
Dzikir dan doa 
  • Mensimulasikan bacaan dzikir dan doa setelah sholat
  • Mempraktekkan bacaan dzikir dan doa setelah sholat

 
  • Mempraktekkan bacaan dzikir dan doa setelah sholat
  • Siswa dapat mengamalkan bacaan dzikir dan doa setelah sholat
  • Perrman
  • Sikap
2 X 40 menit 
  • Buku paket fiqih
  • Buku tuntunan sholat (buku amaliyyah siswa)
  • LKS
    Tasbih 
   
 

 

 

 

 
    S I L A B U S
Nama Sekolah        : MTs.

Mata Pelajaran     : FIQIH

Kelas / Semester        : VII/II

Standar Kompetensi     : 1. Melaksanakan tatacara shalat wajib selain shalat lima waktu

Kompetensi Dasar 
Materi Pokok 
Pengalaman Belajar 
Indikator 
Penilaian 
Alokasi Waktu 
Sumber/bahan/alat
  1. Menjelaskan ketentuan shalat dan khutbah Jumat
  2. Mempraktekkan Khutbah dan shalat Jumat
Shalat dan khutbah Jumat 
  • Mengidentifikasi shalat Jumat
  • Membacakan dalil tentang shalat Jumat
  • Menjelaskan syarat wajib shalat Jumat
  • Mengidentifikasi syarat sah shalat Jum'at
  • Mengidentifikasi syarat sah mendirikan shakat Jum'at
  • Mengidentifikasi amalan sunnah shalat jum'at
  • Mengidentifikasi syarat khutbah Jumat
  • Mengidentifikasi rukun khutbah Jumat
  • Mengidentifikasi sunnah khutbah
  • Mencontohkan setiap rukun dan sunnah khutbah Jumat
  • Mendemonstrasikan shalat dan khutbah Jumat sesuai rukunnya
  • Menjelaskan pengertian shalat dan khutbah Jumat dan dalilnya
  • Menjelaskan syarat-syarat shalat Jumat
  • Menjelaskan syarat dan rukun khutbah Jumat
  • Menjelaskan sunnah shalat Jumat
  • Mendemonstrasikan shalat dan khutbah Jumat
  • Tes Lisan
  • Performance
2 X 40 menit Sumber:

  • Buku paket fiqih kelas VII
  • VCD
  • Buku fiqih Islam Drs. Amir Abyan, MA
  • Naskah khutbah Jumat
  • LKS
  1. Menjelaskan ketentuan shalat jenazah
  2. Menghafal bacaan-bacaan shalat jenazah
  3. Mempraktekkan shalat jenazah
Shalat jenazah
  • Mengidentifikasi pengertian shalat Jenazah
  • Menyebutkan hukum shalat jenazah
  • Mengidentifikasi dan menjelaskan syarat dan rukun shalat jenazah
  • Siswa menghafal bacaan shalat jenazah
  • Siswa mengidentifikasi shalat ghaib
  • Mendemontrasikan praktek shalat jenazah dan shalat ghaib
  • Menjelaskan pengertian shalat jenazah
  • Menjelaskan hukum shalat jenazah
  • Menjelaskan syarat dan rukun shalat jenazah
  • Melafalkan bacaan shalat jenazah
  • Menjelaskan pengertian shalat ghaib
  • Mendemontrasikan shalat jenazah
  • Tes Tertulis
  • Tes Lisan
  • Performance
2 X 40 menit Sumber:

  • Buku paket fiqih MTs kelas VII Drs Amir Abyan, MA
  • VCD
  • LKS
  • Boneka/ mayat
  • Kain kafan
       

S I L A B U S
Nama Sekolah        : MTs.

Mata Pelajaran     : FIQIH

Kelas / Semester        : VII/II

Standar Kompetensi     : 2. Melaksanakan tatacara shalat jama' qashar, dan jama' qasar serta salat dalam keadaan darurat

Kompetensi Dasar 
Materi Pokok 
Pengalaman Belajar 
Indikator 
Penilaian 
Alokasi Waktu 
Sumber/bahan/alat 
2.1. Menjelaskan ketentuan salat jama', qashar dan jama Qashar
2.2. Mempraktikkan salat jama, Qashar dan jamak Qashar
Shalat jama', qashar dan jama' qashar
  • Menceritakan dinamika perjalanan jarak jauh
  • Mengklasifikasi pengertian shalat jama', qashar dan jama' qashar
  • Membacakan dalil shalat jama'
  • Tata cara shalat jama'
  • Mengidentifikasi macam-macam shalat jama'
  • Menyebutkan shalat yang boleh dijama'
  • Mengidentifikasi syarat shalat jama'
  • Mendemonstrasi tatacara shalat jama'
  • Mengidentifikasi pengertian shalat qashar
  • Menyebutkan shalat yang boleh di qashar
  • Mengidentifikasi salat yang boleh di qashar
  • Mendemontrasi shalat jama', qashar dan jama' qashar
  • Menjelaskan pengertian shalat jama' dan dalilnya
  • Menyebutkan macam-macam shalat jama'
  • Menyebutkan shalat yang bpleh dijama'
  • Menjelaskan syarat shalat jama'
  • Menjelaskan tatacara shalat jama'
  • Menjelaskan pengertian shalat qashar
  • Menyebutkan shalat yang boleh di qashar
  • Menjelaskan syarat shalat qashar
  • Menjelaskan pengertian shalat jama'qashar
  • Menjelaskan tatacara qashar dan jama' qashar
  • Tes Lisan
  • Tes Tulis
  • Tugas
  • Performance
  • Proyek



 
4 X 40 menitSumber:

  • Buku paket fiqih kelas VII, Drs. Sudarko, S. Pd. Semarang
  • Buku tata cara shalat lengkap, Ust. Hanafi
  • Al Qur'anul Karim dan terjemahnya
  • LKS
2.3. Menjelaskan ketentuan shalat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit di kendaraan
2.4. Mempraktikkan shalat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
Shalat dalam keadaan darurat 
  • Mengidentifikasi pengertian shalat dalam keadaan darurat dan dalilnya
  • Menjelaskan tatacara shalat dalam keadaan sakit
  • Menjelaskan tata cara shalat ketika sedang dalam kendaraan
  • Mendemontrasikan shalat dalam keadaan darurat
  • Menjelaskan pengertian shalat dalam keadaan darurat dan dalilnya
  • Menjelaskan tatacara shalat dalam keadaan sakit
  • Menjelaskan tata cara shalat ketika sedang dalam kendaraan
  • Menpraktikkan shalat dalam keadaan darurat
  • Tes lisan
  • Tes Tulis
  • Proyek
  • Performance
  • Pengamatan/Sikap
2 X 40 menit Sumber:

  • Buku paket fiqih kelas 7
  • Buku tata cara shalat lengkap, Ust. Hanafi
  • Al Qur'anul Karim dan terjemahnya
  • LKS

 
S I L A B U S
Nama Sekolah        : MTs

Mata Pelajaran         : FIQIH

Kelas / Semester        : VII/II

Standar Kompetensi     : 3. Melaksanakan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghairu muakkad

Kompetensi Dasar 
Materi Pokok 
Pengalaman Belajar 
Indikator 
Penilaian 
Alokasi Waktu
Sumber/bahan/alat 
3..1. menjelaskan ketentuan shalat sunnah muakkad
Tatacara sholat sunnah muakkad
  • Membaca dan memahami materi sholat sunnah dengan benar
  • Mencari dalil yang berhubungan dengan sholat sunnah
  • Menjelaskan pengertian sholat sunnah rawatib
  • Menunjukkan dalil tentang sholat sunnah rawatib
  • Tes tulis
  • Tes Lisan
  • Tes unjuk kerja
2 X 40 menit
  • Bk paket fiqih VII
  • Lembar penilaian
  • LKS
  • Kartu soal
3.2. Menjelaskan macam-macam sholat sunnah muakkad
Tatacara sholat sunnah muakkad 
  • Mencermati macam-macam sholat sunnah muakkad lalu melakukan pengklasifikasian dari segi jumlah dan waktu
  • Menuliskan keutamaan sholat sunnah rawatib
  • Mengidentifikasi macam-macam sholat sunnah rawatib
  • Menjelaskan bilangan shalat sunnah rawatib
  • Membandingkan shalat sunnah rawatib yang muakkad dan ghoiru muakkad
  • Menyimpulkan keutamaan shalat sunnah rawatib
3.4 Menjelaskan ketentuan shalat sunah ghairu muakad Tatacara sholat sunnah malam, idain, duha
  • Memperagakan shalat sunnah rawatib melalui pemodelan
  • Menjelaskan pengertian shalat sunnah ghairu muakkad
  • Mengidentifikasi macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad
  • Menunjukkan waktu pelaksanaan shalat sunnah malam
  • Menunjukkan waktu pelaksanaan salat sunnah malam
  • Menyebutkan jumlah rakaat shalat sunnah malam
  • Melafalkan doa setelah shalat sunnah malam
  • Menjelaskan pengertian shalat sunnah id dan dalilnya
  • Menunjukkan waktu pelaksanaan shalat id
  • Menyebutkan jumlah rakaat shalat id
  • Menunjukkan bacaan dalam shalat id
  • Menjelaskan pengertian shalat duha dan dalilnya
  • Menunjukan waktu pelaksanaan shalat dhuha
  • Menghafalkan doa
  • Mendemonstarsikan cara shalat sunah rawatib yang muakad dan ghairu muakad
        Mengetahui                         Guru Mata Pelajaran

Kepala Madrasah


 

0 komentar:

Posting Komentar

PALING DISUKAI