SURAT PERNYATAAN
Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : FATMAWATI
NIM : 814317978
UPBJJ-UT : MALANG
Menyatakan bahwa :
Nama : ……………………………
Tempat Mengajar : ……………………………
Guru Kelas : ……………………………
Adalah teman sejawat yang akan membantu dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran, yang merupakan tugas mata kuliah PDGK 4904 Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP).
Demikian pernyataan ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.
Supervisor 2 …………………… | ………………,………………….. Yang Membuat Pernyataan Mahasiswa, FATMAWATI NIM. |
ALAT PENILAIAN KAMAMPUAN GURU – PKP 1
(APKG – PKP 1)
LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN 1)
NAMA GURU/MAHASISWA NIM TEMPAT MENGAJAR KELAS MATA PELAJARAN WAKTU TANGGAL | : FATMAWATI : 814317978 : SDN KARTOHARJO 2 : IV : MATEMATIKA : 2 SIKLUS : 9 NOVEMBER 2011 |
PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa ketika mengajar. Kemudian nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini :
- Menentukan Bahan PerbaikanPembelajaran dan Merumuskan
Tujuan/indikator perbaikan
Pembelajaran
- Menggunakan bahan perbaikan 1 2 3 4 5pembelajaran yang sesuai dengan
kurikulum dan masalah yang
diperbaiki.
- Merumuskan tujuan khusus /Indicator perbaikan pembelajaran
Rata – rata butir 1 = A
- Mengembangkan Dan Mengorgani-sasikan materi, media (alat bantu
pembelajaran), dan sumber belajar
- Mengembangkan danmengorganisasikan materi
pembelajaran
- Menentukan dan mengembangkanalat bantu perbaikan pembelajaran
- Memilih sumber belajarRata – rata butir 2 = B
- Merencanakan Scenario PerpaikanPembelajaran
- Menentukan jenis kegiatanperbaikan pembelajaran
- Menyusun langkah-langkahperbaikan pembelajaran
- Menentukan alokasi waktuperbaikan pembelajaran
- Menentukan cara-cara memotivasisiswa
- Menyiapkan pertanyaanRata – rata butir 3 = C
- Merencanakan Pengelolaan KelasPerbaikan Pembelajaran
- Menentukan penataan ruang danfasilitas belajar
- Menentukan cara-carapengorganisasian siswa agar siswa
dapat berpartisipasi dalam
perbaikan pembejaran Rata – rata butir 4 = D
- Merencanakan Prosedur, Jenis, danMenyiapkan Alat Penilaian Perbaikan
Pembelajaran
- Menentukan prosedur dan jenispenilaian
- Membuat alat-alat dankunci jawaban
Rata – rata butir 5 = E
- Tampilan Dokumen Rencana PerbaikanPembelajaran
- Kebersihan dan kerapian
- Penggunaan bahasa tulisRata – rata butir 6 = F
………………………………
Pembimbing / Penguji I Pembimbing / Penguji II
SUNARI S.Pd Drs. Sarbini M.Pd
NIP. 095301211975022001 NIP. 195910081986031014
ALAT PENILAIAN KAMAMPUAN GURU – PKP 2
(APKG – PKP 2)
NAMA GURU/MAHASISWA NIM TEMPAT MENGAJAR KELAS MATA PELAJARAN WAKTU TANGGAL | : FATMAWATI : 814317978 : SDN KARTOHARJO 2 : IV : MATEMATIKA : 2 SIKLUS : 9 NOVEMBER 2011 |
PETUNJUK
- Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
- Pusatkanlah perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
- Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut.
- Khusus butir 5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.
- Nilailah semua aspek kemampuan guru.
- Mengelola ruang dan fasilitas 1 2 3 4 5pembelajaran
- Menata fasilitas dan sumber belajar
- Melaksanakan tugas rutin kelasRata-rata butir 1 = A
- Menata fasilitas dan sumber belajar
- Melaksanakan kegiatan perbaikanpembelajaran
- Memulai pembelajaran
- Melaksanakan pembelajaran yang
sesuai dengan tujuan, siswa, situasi,
dan lingkungan
1 2 3 4 5
- Menggunakan alat bantu (media) pem-belajaran yang sesuai dengan tujuan,
siswa, situasi, dan lingkungan
- Melaksanakan pembelajaran dalamurutan yang logis
- Melaksanakan perbaikanpembelajaran secara individual,
kelompok atau klasikal
- Mengelola waktu pembelajaran secaraefisien
Rata-rata butir 2 = B
- Memulai pembelajaran
- Mengelola interaksi kelas
- Memberi petunjuk dan penjelasan yangberkaitan dengan isi pembelajaran
- Menangani pertanyaan dan responssiswa.
- Menggunakan ekspresi lisan, tulisan,isyarat, dan gerakan badan
- Memicu dan memelihara keterlibatansiswa.
- Memantapkan penguasaan materipembelajaran
Rata-rata butir 3 = C
- Bersikap terbuka dan luwes sertamembantu mengembangkan sikap
positif siswa terhadap belajar
- Menunjukkan sikap ramah, luwes,terbuka, penuh pengertian, dan sabar
kepada siswa
- Menunjukkan kegairahan dalammengajar
- Mengembangkan hubungan antar-pribadi yang sehat dan serasi
- Membantu siswa menyadari kelebihandan kekurangannya
1 2 3 4 5
- Membantu siswa menumbuhkankepercayaan diri
Rata-rata butir 4 = D
- Mendemonstrasikan kemampuankhusus dalam perbaikan pembelajaran
mata pelajaran tertentu
- Bahasa Indonesia
- Mendemonstrasikan penguasaanmateri bahasa Indonesia
- Mengembangkan kemampuanSiswa untuk berkomunikasi dan
Bernalar
- Memberikan latihan keterampilanberbahasa
- Peka terhadap kesalahanpenggunaan istilah teknis
- Memupuk kegemaran membacaRata-rata butir 5.a = E
- Matematika
- Menanamkan konsep matematikamelalui metode bervariasi yang
sesuai dengan karakteristik materi
- Menguasai symbol-simbolmatematika
- Memberikan latihan matematikadalam kehidupan sehari-hari
- Menguasai materi matematikaRata-rata butir 5.b = E
- IPA
- Membimbing siswa membuktikankonsep IPA melalui pengalaman
langsung tehadap objek yang
dipelajari
1 2 3 4 5
- Meningkatkan keterlibatan siswamelalui pengalaman belajar dengan
berbagai kegiatan
- Menggunakan istilah yang tepatpada setiap langkah pembelajaran
memilih alat peraga IPA
- Terampil dalam melakukanpercobaan IPA serta tepat dalam
memilih alat peraga IPA
- Menerapkan konsep IPA dalamkehidupan sehari-hari
- Menampilkan penguasaan IPARata-rata butir 5.c = E
- IPS
- Mengembangkan pemahamankonsep IPS terpadu
- Mengembangkan pemahamankonsep waktu
- Mengembangkan pemahamankonsep ruang
- Mengembangkan pemahamankonsep kelangkaan (scarcity)
Rata-rata 5.d = E
- PPKn
- Menggunakan metode dan alatbantu dalam pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan
- Meningkatkan ketertiban siswadalam proses pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan
- Ketepatan penggunaan istilah-istilahkhusus dan konsep dalam
Pendidikan Kewarganegaraan
- Menunjukkan penguasaaan materiPendidikan Kewarganegaraan
1 2 3 4 5
- Menerapkan konsep PendidikanKewarganegaraan dalam kehidupan
sehari-hari
Rata-rata butir 5.e = E
- Melaksanakan penilaian proses danhasil belajar
- Melaksanakan penilaian selamaproses pembelajaran
- Melaksanakan penilaian pada akhirpembelajaran
Rata-rata butir 6 = F
- Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
- Keefektifan proses pembelajaran
- Penggunaan bahasa Indonesia lisan
- Peka terhadap kesalahan berbahasasiswa
- Penampilan guru dalampembelajaran
Rata-rata butir 7 = G
- Keefektifan proses pembelajaran
09 November 2011
Drs. Sarbini M.Pd
NIP. 195910081986031014*) Coret yang tidak perlu
ALAT PENILAI LAPORAN – PKP
(APL - PKP)
LEMBAR PENILAIAN
LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA GURU/MAHASISWA NIM TEMPAT MENGAJAR KELAS MATA PELAJARAN WAKTU TANGGAL | : FATMAWATI : 814317978 : SDN KARTOHARJO 2 : IV : IPS : 2 SIKLUS : 5 NOVEMBER 2011 |
- Pendahuluan
Kompetensi yang dikembangkan melalui mata kuliah PKP adalah kemampuan melaksanakan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mencapai kemampuan tersebut mahasiswa diwajibkan berlatih melaksanakan PTK dalam rangka perbaikan pembelajaran di kelasnya sendiri. Selama melaksanakan PTK di kelas mahasiswa dibimbing oleh supervisor/guru pamong dari sekolah tempat mahasiswa mengajar. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah PKP dinilai dari laporan perbaikan pembelajaran PKP dan ujian praktik mengajar.
- Pedoman penskoran
Pedoman Penilaian Laporan PKP berikut ini untuk menilai laporan PKP.
VARIABEL/DESKRIPTOR | Skor Maks | Nilai |
| 22 | |
| ||
| 2 | |
| ||
| ||
| ||
| 7 | |
| ||
| ||
| ||
| ||
| ||
VARIABEL/DESKRIPTOR | Skor Maks | Nilai |
| ||
| ||
| ||
| ||
| 5 | |
| ||
| ||
| ||
| ||
| 3 | |
| ||
| ||
| 3 | |
| ||
| ||
| 2 | |
| ||
| ||
| 7 | |
| ||
| ||
| ||
| ||
| 30 | |
| 3 | |
| ||
| ||
| ||
| 7 | |
| ||
| ||
| ||
| ||
| ||
| ||
VARIABEL/DESKRIPTOR | Skor Maks | Nilai |
| 10 | |
| ||
| ||
| ||
| ||
| ||
| ||
| 4 | |
| ||
| ||
| 6 | |
| ||
| ||
| 24 | |
| 10 | |
| ||
| ||
| ||
| 14 | |
| ||
| ||
| ||
| 8 | |
| 5 | |
| ||
| ||
| 3 | |
| ||
| ||
| ||
| 7 | |
| ||
| ||
| ||
VARIABEL/DESKRIPTOR | Skor Maks | Nilai |
| ||
| 2 | |
| ||
| ||
Skor Total | 100 |
Lampiran 4
REKAPITULASI TES AKHIR SIKLUS I
IPS
NO | Nama Siswa | Hasil |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. | Alfida M Anggoro W G Fajar T S Gaguk N P Harsit A S M Isma K Luvvi P M. Agus E Nuria T Rutina Samuel H Septian S M | 70 90 85 95 80 85 70 95 75 85 95 85 |
Rata – Rata | 87 |
Lampiran 3
LEMBAR PENGAMATAN
IPS
SIKLUS II
NO | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Kelompok | Hasil | |
Keaktifan | Kerjasama | ||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. | Alfida M Anggoro W G Fajar T S Gaguk N P Harsit A S M Isma K Luvvi P M. Agus E Nuria T Rutina Samuel H Septian S M | - V - V V V V V - V V V | V V V V V - V V V - V V | I II II I II II I III I III III III | B B B C B B B C B B B B |
Keterangan :
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang
0 komentar:
Posting Komentar