BISNIS ONLINE

Sabtu, 18 Februari 2012

APKG


SURAT PERNYATAAN

 
Yang bertanda tangan dibawah ini :
    Nama            : FATMAWATI
    NIM            : 814317978
    UPBJJ-UT        : MALANG

 
Menyatakan bahwa :
    Nama            : ……………………………
    Tempat Mengajar    : ……………………………
    Guru Kelas        : ……………………………
 
Adalah teman sejawat yang akan membantu dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran, yang merupakan tugas mata kuliah PDGK 4904 Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP).

 
Demikian pernyataan ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

 

 

 

 

 
Supervisor 2

 

 

 
…………………… 
………………,…………………..
Yang Membuat Pernyataan
Mahasiswa,

 

 

 
FATMAWATI
NIM. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
ALAT PENILAIAN KAMAMPUAN GURU – PKP 1
(APKG – PKP 1)
LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN 1)

 
NAMA GURU/MAHASISWA
NIM
TEMPAT MENGAJAR
KELAS
MATA PELAJARAN
WAKTU
TANGGAL 
: FATMAWATI
: 814317978
: SDN KARTOHARJO 2
: IV
: MATEMATIKA
: 2 SIKLUS
: 9 NOVEMBER 2011

 
PETUNJUK
    Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa ketika mengajar. Kemudian nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini :

 
  1. Menentukan Bahan Perbaikan
    Pembelajaran dan Merumuskan    
    Tujuan/indikator perbaikan           
    Pembelajaran
    1. Menggunakan bahan perbaikan        1    2    3    4    5
      pembelajaran yang sesuai dengan
      kurikulum dan masalah yang
      diperbaiki.
    2. Merumuskan tujuan khusus /         
      Indicator perbaikan pembelajaran
                               Rata – rata butir 1 = A

       
  2. Mengembangkan Dan Mengorgani-
    sasikan materi, media (alat bantu
    pembelajaran), dan sumber belajar
    1. Mengembangkan dan
      mengorganisasikan materi
      pembelajaran

       
    2. Menentukan dan mengembangkan
      alat bantu perbaikan pembelajaran
    3. Memilih sumber belajar            
      Rata – rata butir 2 = B
  3. Merencanakan Scenario Perpaikan
    Pembelajaran
    1. Menentukan jenis kegiatan
      perbaikan pembelajaran
    2. Menyusun langkah-langkah
      perbaikan pembelajaran
    3. Menentukan alokasi waktu
      perbaikan pembelajaran
    4. Menentukan cara-cara memotivasi
      siswa
    5. Menyiapkan pertanyaan
      Rata – rata butir 3 = C
  4. Merencanakan Pengelolaan Kelas
    Perbaikan Pembelajaran
    1. Menentukan penataan ruang dan
      fasilitas belajar
    2. Menentukan cara-cara
      pengorganisasian siswa agar siswa
      dapat berpartisipasi dalam
      perbaikan pembejaran             Rata – rata butir 4 = D

       
  5. Merencanakan Prosedur, Jenis, dan
    Menyiapkan Alat Penilaian Perbaikan
    Pembelajaran
    1. Menentukan prosedur dan jenis
      penilaian
    2. Membuat alat-alat dan
      kunci jawaban
                               Rata – rata butir 5 = E

       

       

       

       

       

       

       
  6. Tampilan Dokumen Rencana Perbaikan
    Pembelajaran
    1. Kebersihan dan kerapian
    2. Penggunaan bahasa tulis
      Rata – rata butir 6 = F

 

 


 


 


 

………………………………

Pembimbing / Penguji I                    Pembimbing / Penguji II


 


 


 


 

SUNARI S.Pd                        Drs. Sarbini M.Pd

NIP. 095301211975022001                    NIP. 195910081986031014


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

ALAT PENILAIAN KAMAMPUAN GURU – PKP 2
(APKG – PKP 2)

 
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN


 
NAMA GURU/MAHASISWA
NIM
TEMPAT MENGAJAR
KELAS
MATA PELAJARAN
WAKTU
TANGGAL 
: FATMAWATI
: 814317978
: SDN KARTOHARJO 2
: IV
: MATEMATIKA
: 2 SIKLUS
: 9 NOVEMBER 2011

 
PETUNJUK
  1. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
  2. Pusatkanlah perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
  3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut.
  4. Khusus butir 5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.
  5. Nilailah semua aspek kemampuan guru.

 

  1. Mengelola ruang dan fasilitas         1     2     3     4     5
    pembelajaran

    1. Menata fasilitas dan sumber belajar
    2. Melaksanakan tugas rutin kelas
      Rata-rata butir 1 = A
  2. Melaksanakan kegiatan perbaikan
    pembelajaran

    1. Memulai pembelajaran
    2. Melaksanakan pembelajaran yang
    sesuai dengan tujuan, siswa, situasi,
    dan lingkungan

     

     
                             1     2     3     4     5
    1. Menggunakan alat bantu (media) pem-
      belajaran yang sesuai dengan tujuan,

      siswa, situasi, dan lingkungan
    2. Melaksanakan pembelajaran dalam
      urutan yang logis
    3. Melaksanakan perbaikan
      pembelajaran secara individual,

      kelompok atau klasikal
    4. Mengelola waktu pembelajaran secara
      efisien

                                  Rata-rata butir 2 = B
  3. Mengelola interaksi kelas
    1. Memberi petunjuk dan penjelasan yang
      berkaitan dengan isi pembelajaran
    2. Menangani pertanyaan dan respons
      siswa.
    3. Menggunakan ekspresi lisan, tulisan,
      isyarat, dan gerakan badan
    4. Memicu dan memelihara keterlibatan
      siswa.
    5. Memantapkan penguasaan materi
      pembelajaran

                                  Rata-rata butir 3 = C
  4. Bersikap terbuka dan luwes serta
    membantu mengembangkan sikap

    positif siswa terhadap belajar

    1. Menunjukkan sikap ramah, luwes,
      terbuka, penuh pengertian, dan sabar

      kepada siswa
    2. Menunjukkan kegairahan dalam
      mengajar
    3. Mengembangkan hubungan antar-
      pribadi yang sehat dan serasi
    4. Membantu siswa menyadari kelebihan
      dan kekurangannya



                               1     2     3     4     5
    5. Membantu siswa menumbuhkan
      kepercayaan diri

                                  Rata-rata butir 4 = D
  5. Mendemonstrasikan kemampuan
    khusus dalam perbaikan pembelajaran

    mata pelajaran tertentu

    1. Bahasa Indonesia
      1. Mendemonstrasikan penguasaan
        materi bahasa Indonesia
      2. Mengembangkan kemampuan
        Siswa untuk berkomunikasi dan

        Bernalar                
      3. Memberikan latihan keterampilan
        berbahasa
      4. Peka terhadap kesalahan
        penggunaan istilah teknis
      5. Memupuk kegemaran membaca
        Rata-rata butir 5.a = E
    2. Matematika
      1. Menanamkan konsep matematika
        melalui metode bervariasi yang

        sesuai dengan karakteristik materi
      2. Menguasai symbol-simbol
        matematika
      3. Memberikan latihan matematika
        dalam kehidupan sehari-hari
      4. Menguasai materi matematika
        Rata-rata butir 5.b = E
    3. IPA
      1. Membimbing siswa membuktikan
        konsep IPA melalui pengalaman

        langsung tehadap objek yang

        dipelajari







                                 1     2     3     4     5
      2. Meningkatkan keterlibatan siswa
        melalui pengalaman belajar dengan

        berbagai kegiatan
      3. Menggunakan istilah yang tepat
        pada setiap langkah pembelajaran

        memilih alat peraga IPA
      4. Terampil dalam melakukan
        percobaan IPA serta tepat dalam

        memilih alat peraga IPA
      5. Menerapkan konsep IPA dalam
        kehidupan sehari-hari
      6. Menampilkan penguasaan IPA
        Rata-rata butir 5.c = E
    4. IPS
      1. Mengembangkan pemahaman
        konsep IPS terpadu
      2. Mengembangkan pemahaman
        konsep waktu
      3. Mengembangkan pemahaman
        konsep ruang
      4. Mengembangkan pemahaman
        konsep kelangkaan (scarcity)

                                    Rata-rata 5.d = E
    5. PPKn
      1. Menggunakan metode dan alat
        bantu dalam pembelajaran

        Pendidikan Kewarganegaraan
      2. Meningkatkan ketertiban siswa
        dalam proses pembelajaran

        Pendidikan Kewarganegaraan
      3. Ketepatan penggunaan istilah-istilah
        khusus dan konsep dalam

        Pendidikan Kewarganegaraan
      4. Menunjukkan penguasaaan materi
        Pendidikan Kewarganegaraan



                                 1     2     3     4     5
      5. Menerapkan konsep Pendidikan
        Kewarganegaraan dalam kehidupan

        sehari-hari

                                    Rata-rata butir 5.e = E
  6. Melaksanakan penilaian proses dan
    hasil belajar

    1. Melaksanakan penilaian selama
      proses pembelajaran
    2. Melaksanakan penilaian pada akhir
      pembelajaran

                                  Rata-rata butir 6 = F
  7. Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
    1. Keefektifan proses pembelajaran
    2. Penggunaan bahasa Indonesia lisan
    3. Peka terhadap kesalahan berbahasa
      siswa
    4. Penampilan guru dalam
      pembelajaran

                                  Rata-rata butir 7 = G

 


 


 

09 November 2011

 

 

 

 
Drs. Sarbini M.Pd
                         NIP. 195910081986031014


 

*) Coret yang tidak perlu


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

ALAT PENILAI LAPORAN – PKP
(APL - PKP)
LEMBAR PENILAIAN
LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA GURU/MAHASISWA
NIM
TEMPAT MENGAJAR
KELAS
MATA PELAJARAN
WAKTU
TANGGAL 
: FATMAWATI
: 814317978
: SDN KARTOHARJO 2
: IV
: IPS
: 2 SIKLUS
: 5 NOVEMBER 2011

 
  1. Pendahuluan
Kompetensi yang dikembangkan melalui mata kuliah PKP adalah kemampuan melaksanakan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mencapai kemampuan tersebut mahasiswa diwajibkan berlatih melaksanakan PTK dalam rangka perbaikan pembelajaran di kelasnya sendiri. Selama melaksanakan PTK di kelas mahasiswa dibimbing oleh supervisor/guru pamong dari sekolah tempat mahasiswa mengajar. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah PKP dinilai dari laporan perbaikan pembelajaran PKP dan ujian praktik mengajar.

 
  1. Pedoman penskoran
    Pedoman Penilaian Laporan PKP berikut ini untuk menilai laporan PKP.

     
VARIABEL/DESKRIPTOR 
Skor Maks
Nilai
  1. PENDAHULUAN
22
  1. Latar belakang masalah
  1. Mencantumkan latar belakang masalah
2
  • Ada tetapi tidak jelas dan tidak logis (0,5)
  • Ada dan jelas tetapi tidak logis (1)
  • Ada, jelas dan logis (2)
  1. Identifikasi masalah
7
  1. Adanya informasi tentang :
  1. Data/hal-hal yang terkait dengan masalah pembelajaran (2)
  1. Alas an pemilihan masalah yang akan diatasi dengan PTK :
  1. Logis dan jelas (2)
  1. Kurang logis atau kurang jelas (1)
VARIABEL/DESKRIPTOR 
Skor Maks 
Nilai 
  1. Mencantumkan identifikasi masalah
  • Proses identifikasi masalah jelas dan logis (2)
  • Proses identifikasi masalah kurang jelas dan kurang logis (1)
  1. Mencantumkan informasi tentang pihak yang membantu (1)
  1. Analisis masalah
5
  1. Menyampaikan proses analisis masalah
  • Proses analisis logis dan jelas (2)
  • Menyampaikan factor-faktor penyabab munculnya masalah (2)
  1. Ada teori dan/atau pengalaman yang relevan mendukung penyebab munculnya masalah (1)
  1. Rumusan masalah
3
  • Rumusan masalah jelas dan benar (2)
  • Masalah berkaitan dengan latar belakang (1)
  1. Tujuan penelitian perbaikan pembelajaran
  • Ada, rumusan jelas, logis, dan bermakna (3)
  • Ada, rumusan jelas dan logis (2)
  1. Manfaat penelitian perbaikan pembelajaran
  • Ada dan berkontribusi nyata terhadap pembelajaran (2)
  • Ada dan tidak berkontribusi nyata terhadap pembelajaran (1)
  1. KAJIAN PUSTAKA
7
  • Ada, relevan, terkini, sistematis, rinci dan jelas (7)
  • Ada, relevan, terkini, sistematis dan jelas (5)
  • Ada, relevan dan terkini (3)
  • Ada dan relevan (1)
  1. PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
30
  1. Subjek Penelitian
3
  • Mencantumkan lokasi; nama sekolah, kelas, mata pelajaran, waktu (2)
  • Waktu pelaksanaan logis (pelaksanaan hari sekolah, rentang waktu untuk masing-masing siklus sesuai dengan jadwal pelajaran di sekolah) (1)
  1. Deskripsi per siklus
  1. Rencana
7
  1. Adanya penjelasan tentang tindakan yang akan dilaksanakan/alternative perbaikan (2)
  1. Tindakan/alternative perbaikan yang relevan dengan masalah (2)
  1. Langkah-langkah perbaikan
  • Ada, rinci, jelas dan logis (3)
  • Ada, rinci dan jelas (2)
  • Ada (1)
VARIABEL/DESKRIPTOR 
Skor Maks 
Nilai 
  1. Pelaksanaan
10
  1. Adanya informasi tentang prosedur pelaksanaan PTK (1)
  1. Prosedur pelaksanaan PTK disampaikan secara logis (2)
  1. Adanya informasi tentang pengamat (1)
  1. Adanya informasi tentang tugas pengamat/supervisor (1)
  1. Adanya informasi tentang prosedur pembelajaran (2)
  1. Prosedur umum pembelajaran jelas dan rinci (3)
  1. Pengamatan/pengumpulan data/instrument
4
  1. Instrument tepat (2)
  1. Data sesuai dengan masalah, lengkap (2)
  1. Refleksi
6
  1. Menemukan kekuatan dan kelemahan suatu tindakan perbaikan pembelajaran (4)
  1. Menemukan kekuatan dan kelemahan diri dalam merancang dan melakukan suatu tindakan perbaikan pembelajaran (2)
  1. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
24
  1. Deskripsi per siklus
10
  • Ada data tentang rencana, pelaksanaan, pengamatan, refleksi (4)
  • Ada paparan tentang keberhasilan dan kegagalan (4)
  • Penjelasan lengkap dengan data (2)
  1. Pembahasan dari setiap siklus
14
  • Temuan sesuai dengan data yang diolah, jelas, dan rinci untuk setiap siklus (14)
  • Temuan sesuai dengan data yang diolah, jelas, tetapi tidak rinci untuk setiap siklus (10)
  • Temuan sesuai dengan data yang diolah tetapi kurang jelas dan tidak rinci untuk setiap siklus (7)
  1. KESIMPULAN DAN TIDAK LANJUT
8
  1. Kesimpulan
5
  • Kesimpulan sesuai dengan permasalahan dan temuan (3)
  • Kesimpulan disajikan dengan jelas (2)
  1. Saran tindak lanjut
3
  • Saran dan tindak lanjut sesuai dengan kesimpulan (1)
  • Saran yang diajukan jelas dan logis (1)
  • Tindak lanjut yang diajukan dapat dilaksanakan (operasional) (1)
  1. BAHASA
7 
  • Pilihan kata tepat (1)
  • Struktur kalimat lugas dan baku (2)
  • Paragraph merupakan satu keutuhan (3)
VARIABEL/DESKRIPTOR 
Skor Maks 
Nilai 
  • Penulisan sesuai dengan EYD (1)
  1. KUTIPAN DAN DAFTAR PUSTAKA
2 
  • Kutipan relevan dengan masalah (1)
  • Cara mengutip mengikuti aturan tertentu (1)
Skor Total
100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Lampiran 4

 

 

 
REKAPITULASI TES AKHIR SIKLUS I
IPS

 
NO 
Nama Siswa 
Hasil 
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.

 
Alfida M

Anggoro W G

Fajar T S

Gaguk N P

Harsit A S M

Isma K

Luvvi P

M. Agus E

Nuria T

Rutina

Samuel H

Septian S M 
70
90
85
95
80
85
70
95
75
85
95
85
Rata – Rata  
87 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
    Lampiran 3

 

 

 
LEMBAR PENGAMATAN
IPS
SIKLUS II

 
NO 
Nama Siswa 
Aspek yang dinilai 
Kelompok 
Hasil
Keaktifan 
Kerjasama 
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.

 
Alfida M

Anggoro W G

Fajar T S

Gaguk N P

Harsit A S M

Isma K

Luvvi P

M. Agus E

Nuria T

Rutina

Samuel H

Septian S M
-
V
-
V
V
V
V
V
-
V
V
V
V
V
V
V
V
-
V
V
V
-
V
V
I
II
II
I
II
II
I
III
I
III
III
III
B
B
B
C
B
B
B
C
B
B
B
B

 

 
    Keterangan :
    B = Baik
    C = Cukup
    K = Kurang

0 komentar:

Poskan Komentar

PALING DISUKAI